SMK N 1 Purworejo merupakan sekolah kejuruan berlabelkan RSBI yang ada di Purworejo, sekolah tersebut terdiri dari beberapa jurusan, salah satunya Teknik Kendaraan Ringan (TKR). TKR merupakan jurusan yang menekuni bidang mesin mobil dan berbagai kelengkapannya. TKR atau yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Teknik Otomotif ini bertujuan untuk mencetak tenaga kerja yang aktif dan profesional di bidang otomotif yang bertaraf internasional.
Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Purworejo mempunyai misi:
Prosedur Melepas Ban
Prosedur Memasang Ban
Perlu diingat bahwa ban yang saya maksud diatas adalah ban jenis radial atau ban tubles dan bukan ban bias. Jadi mungkin akan ada step yang berbeda jika anda mencobanya menggunakan ban bias.
Semoga ini bermanfaat bagi anda. TERIMAKASIH
Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Purworejo mempunyai misi:
- Menghasilkan tenaga kerja mekanik otomotif yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
- Menghasilkan tenaga kerja mekanik otomotif yang siap pakai di dunia usaha dan dunia industri di tingkat nasional maupun internasional.
- Menumbuhkan kemandirian dalam bekerja agar siap bersaing di tingkat nasional dan internasional.
- Menumbuhkan kesadaran dan kecintaan terhadap sektor industri otomotif
- Menumbuhkan jiwa wirausaha yang mandiri di bidang otomotif
Prosedur Melepas Ban
- Pasang ban yang telah kempes pada sisi samping mesin.
- Posisikan Bilah penekan dengan menggeser dengan menggeser handle pada sisi samping ban.
- Saat proses pengepresan, jangan letakkan tangan pada samping ban karena berbahaya.
- Tekan pedal penekan, maka bilah penekan akan menekan sidewall dengan tekanan yang kuat sampai kedua bead lepas dari rim.
- Tempatkan roda diatas mesin, tekan pedal sampai posisi pelek terjepit dengan kuat.
- Posisikan pengait pelepas ban diatas rim
- Gunakan sendok ban untuk mencongkel sisi samping ban dan menepatkan dengan pengait sampai pengait masuk ke dalam bead.
- Tekan pedal pemutar, maka mesin akan memutarkan ban dan bead akan terlepas dari rim.
- Unruk melepas bead sisi bawah, tempatkan pengait pada rm sisi bawah.
- Tekan pedal pemutar, maka mesin akan memutarkan ban dan ban akan terlepas dari peleknya.
- Tempatkan pelek diatas mesin.
- Tempatkan ban diats pelek, masukkan bead ke salah satu sisi samping pelek.
- Tempatkan tuas pemasang pada bead sisi bawah dan teka pedal pemutar, maka mesin akan memutarkan ban dan bead bawah akan tepasang pada pelek.
- Pasang tuas pengait pemasang pada bead atas tepat diatas rim.
- Tekan pedal pemutar, maka mesian akan memutarkan ban dan secara perlahan ban akan terpasang pada pelek.
- Posisikan ban terhadap pelek dengan cara menekan sisi bead, maka ban akan tertata rapi pada peleknya.
- Pompa ban dengan kompresor dengan tekanan yang sesuai untuk spesifikasi ban tersebut.
Perlu diingat bahwa ban yang saya maksud diatas adalah ban jenis radial atau ban tubles dan bukan ban bias. Jadi mungkin akan ada step yang berbeda jika anda mencobanya menggunakan ban bias.
Semoga ini bermanfaat bagi anda. TERIMAKASIH
Trims infonya utk menambah wawasan dlm penanganan penggantian ban tubeless.
BalasHapus