Daftar Isi

Kamis, 04 Oktober 2012

2 Cara Membuka Cakra

Date: Kamis, 04 Oktober 2012 19.19
Category:
Author: Bayuardi Pratama
Share:
Responds: 2 Comment
Pada tubuh manusia terdapat pusat-pusat energi yang disebut chakra. Cakra berasal dari bahasa sansekerta yang berarti roda. Disebut demikian karena bila dilihat dari depan bagaikan sebuah roda yang berputar. Gambaran roda ini timbul karena cakra sebenarnya terdiri atas beberapa lembaran daun (yang bervariasi jumlahnya pada tiap cakra) yang berputar. Jumlah dari cakra diseluruh lapisan tubuh manusia seluruhnya ada 365 buah. Yang dibagi menj
adi 3 kelompok, yaitu cakra utama, cakra biasa dan cakra mini.
Karena banyaknya jumlah cakra tersebut maka kita hanya akan membahas cakra utama yang berjumlah tujuh. Cakra utama tersebut adalah:

1. Cakra dasar (mooladara)
2. Cakra seks (swadistana)
3. Cakra Solar Pleksus (manipura)
4. Cakra jantung (anahata)
5. Cakra tenggorokan (visudhi)
6. Cakra mata ketiga (ajna)
7. Cakra mahkota (sahasrara)

Disamping ke tujuh cakra utama di atas, cakra-cakra lainnya terbagi atas 2 kelompok yaitu cakra biasa & cakra mini. Contoh dari cakra biasa adalah cakra telapak tangan & telapak kaki. Sedangkan cakra mini terdapat pada setiap ujung jari tangan & jari kaki. Walaupun pada tulisan ini ke dua jenis cakra ini tidak dibahas dengan rinci tetapi harus diketahui bahwa setiap cakra tersebut memegang peranan yang penting. Pembersihan yang difokuskan pada cakra utama maka cakra-cakra biasa & cakra-cakra mini yang berada disekitar cakra utama juga akan dibersihkan secara otomatis.

Cakra Dasar (Muladara)
Cakra dasar berhubungan dengan badan fisik terletak di dasar tulang punggung yaitu di ujung tulang ekor. Cakra dasar diasosiasikan dengan warna merah muda & mempunyai 4 lembar daun. Cakra dasar merupakan pusat energi dari tubuh fisik, kehidupan materi & keinginan untuk hidup. Cakra dasar yang aktif maka seseorang akan cenderung untuk hidup dengan penuh semangat & motivasi & sebaliknya cakra dasar yang kecil, kotor & terhambat maka akan hidup bermalas-malasan tanpa semangat bahkan memiliki kecenderungan untuk mudah putus asa bahkan bunuh diri.

Cakra Sex (swadistan)
Cakra seks terdapat pada tulang pelvis. Cakra sex diasosiasikan dengan wana oranye & memiliki 6 lembar daun. Cakra seks berhubungan dengan penciptaan atau reproduksi & mempengaruhi aktivitas seksual seseorang. Cakra seks berkaitan erat dengan cakra tenggorokan yang berfungsi dalam penciptaan kreativitas atau ide. Seseorang dengan Cakra seks yang bersih dan aktif akan memiliki pikiran yang lebih positif serta percaya diri. Sebaliknya seseorang akan menjadi tidak perduli, kasar, berpikir negative (kurang kreatif), termasuk seks menyimpang jika cakra seksnya kotor & terhambat.

Cakra Solar Pleksus (Manipura)
Pusat energy ketiga berhubungan dengan tubuh fisik terletak di ulu hati & amat penting dalam mempertahankan vitalitas seseorang. Diasosiakan dengan warna kuning & memiliki 10 lembar daun. Cakra pusar berkaitan erat dengan sifat-sifat yang membawa kecenderungan seperti iri hati, rasa malu, tidak puas, murung, benci & takut (kekurangan rasa aman). Seseorang dengan cakra pusar yang berkembang & bersih maka akan dapat mengatasi hal-hal seperti tersebut di atas & mengubahnya menjadi suatu yang positif seperti rasa aman, puas, gembira, nyaman & percaya diri.

Cakra Jantung (Anahata)
Pusat energy keempat berhubungan dengan tubuh fisik terletak di dada. Diasosiasikan dengan warna hijau dengan 12 lembar daun. Cakra jantung adalah cakra yang amat penting dalam spiritual karena dihubungkan sebagai lambing cinta kasih & penyembuhan. Secara fisik cakra jantung mengatur jantung & kelenjar thymus. Cakra jantung merupakan pusat dari seluruh perasaan halus seperti kasih sayang & cinta kasih. Seseorang dengan cakra jantung yang kecil, kotor atau terhambat akan memiliki kecenderungan egois, sombong, fanatic, tamak/rakus, munafik, & gelisah. Sedangkan cakra jantung yang berkembang dengan baik menyebabkan seseorang penuh dengan rasa cinta kasih & kasih sayang serta dapat berempati terhadap sesame.

Cakra Tenggorokan (Visudhi)
Pusat energy ke lima terletak tenggorokan & diasosiasikan dengan warna biru muda & memiliki 16 lembar daun. Secara fisik cakra ini memberikan energy kepada kelenjar thyroid & parathyroid. Cakra ini merupakan pusat penciptaan yang lebih tinggi (kreativitas) & hubungan antar manusia. Seseorang dengan cakra tenggorokan yang berkembang akan memiliki pengertian yang mendalam mengenai hubungan antar sesame sehingga mempunyai hubungan yang baik dengan sesamanya. Kemampuan untuk berekspresi secara lisan juga dipengaruhi oleh cakra ini. Cakra jantung yang yang bersih & terhubung dengan cakra tenggorokan yang bersih pula akan mengakibatkan seseorang akan dapat mengekspresikan seluruh isi hati dengan baik. Sifat-sifat yang berkenaan dengan cakra tenggorokan yang berkembang dengan baik antara lain adalah kepasrahan, keberhasilan, kelimpahan & kesejahteraan serta pengembangan pengetahuan duniawi.

Cakra mata ke tiga (Ajna)
Pusat energy ke enam berhubungan dengan tubuh fisik yang terletak di antara ke dua mata. Diasosiasikan dengan warna biru tua atau nila. Cakra ini memberikan energy ke kedua mata, hidung & kelenjar pituitary. Disebut cakra mata ketiga karena cakra yang berkembang aktif & bersih dapat memberikan pewaskitaan (clairvoyance) atau kekuatan psikis lainnya. Selain pewaskitaan, cakra ini merupakan titik pemusatan & pengatur dari cakra-cakra di bawahnya. Maka dari itu cakra ini sering disebut pula berkaitan erat dengan pengetahuan duniawi & pengetahuan surgawi (spiritual). Seringkali manusia yang telah mencapai taraf kewaskitaan terpesona oleh sensasi tersebut & lupa akan tujuan utamanya & lama terhambat pada kesadaran di tahap ini.

Cakra mahkota (sahasrara)
Pusat energy ke tujuh berhubungan dengan tubuh fisik terletak di ubun-ubun. Cakra ini adalah pusat masuknya energy Illahi ke seluruh lapisan tubuh & kesadaran. Seseorang yang cakra mahkotanya berkembang secara sempurna akan banyak mengetahui rahasia alam. Menjaga agar cakra ini selalu bersih amatlah penting agar energy spiritual dapat diterima secara terus menerus oleh seluruh tubuh. Cakra mahkota yang terbuka dengan lebar maka seseorang dapat melakukan perjalanan astral dengan lebih mudah.

MEDITASI 7 CAKARA

Ini adalah meditasi hasil olah cipta Sekolah Online Tenaga "Dalam Ya Gitu Dech". Meditasi tujuh cakra ini dijalankan dengan posisi duduk bersila (kaki dilipat ke dalam), seperti bersila kaum muslimin. Dengan nafas perut perlahan dan panjang. Meditasi cakra ini dilakukan untuk menimbulkan aktivasi pada cakra yang dituju.

1. Meditasi Cakra Dasar
- Tangan di pangkuan (di bawah pusar).
- Kedua telapak menghadap atas, yang kanan menumpang di kiri (menempel).
- Jari-jari rapat, jempol ditekuk.

2. Meditasi Cakra Suci
- Kedua tangan di depan dada.
- Ujung jari menghadap atas.
- Kedua telapak ditempelkan (telapak tangan kiri menghadap kanan, sedang yang kanan menghadap kiri).

3. Meditasi Cakra Solar Plexus
- Kedua tangan di depan dada.
- Telapak tangan kiri menghadap atas, sedang yang kanan menghadap kiri (menempel).

4. Meditasi Cakra Jantung
- Kedua tangan di depan dada.
- Ujung-ujung jari menghadap bawah.
- Jari kanan dan kiri saling menempel dan renggang, sehingga membentuk pola segitiga terbalik.

5. Meditasi Cakra Tenggorokan
- Kedua tangan di depan dada.
- Posisi lengan horizontal.
- Telapak tangan kiri menghadap atas, sedang yang kanan menghadap bawah. Jadi menangkup.

6. Meditasi Cakra Kening
- Kedua tangan di atas lutut.
- Kedua telapak menghadap atas.
- Tempelkan jempol dengan telunjuk (membentuk pola lingkaran).

7. Meditasi Cakra Mahkota
- Kedua tangan di atas lutut.
- Jari-jari dikuncupkan.

Dampak dari cakra bagi kehidupan adalah :
1. Cakra Dasar berpengaruh pada energi kehidupan. Bila sudah teraktivasi maka akan memperkuat kepercayaan diri, potensi seksual, kedisiplinan, dan daya tahan tubuh.
2. Cakra Suci berpengaruh pada kreativitas dan hubungan. Bila sudah teraktivasi maka akan merangsang daya cipta, antusiasme, dan metabolisme.
3. Cakra Solar Plexus berpengaruh pada kebijaksanann. Bila sudah teraktivasi maka akan meredam stress masa lalu yang kelam dan mengembangkan kepribadian.
4. Cakra Jantung berpengaruh pada keharmonisan dan kasih sayang. Bila sudah teraktivasi maka akan membuat keseimbangan antara jiwa dan raga, juga untuk penyembuhan.
5. Cakra Tenggorokan berpengaruh pada inspirasi. Bila sudah teraktivasi maka akan menciptakan toleransi, kejujuran, kesetiaan, komunikatif, pema’af dan tidak egois.
6. Cakra Kening berpengaruh pada intuisi. Bila sudah teraktivasi maka akan merangsang daya fikir dan imajinasi
7. Cakra Mahkota berpengaruh pada spiritualitas. Bila sudah teraktivasi maka akan membuat kesadaran pribadi terhadap Tuhan, sesama dan lingkungan sekitar.

CARA MEMBUKA CAKRA KITA:
Sebagaimana diketahui kita tau, ada 7 Cakra pada tubuh manusia.
Masing-masing cakra memiliki kegunaan sendiri2, meskipun pada dasarnya adalah sama saja..

Orang yg sudah mampu menguasai cakranya ia akan memiliki kelebihan2 yg terbagi juga menjadi 7 kelebihan.
Salah satunya adalah bisa melihat ETHER (makhluk halus) itu pada tingkatan… ke-2….
Selanjutnya ada tahap 3 s/d 6 dan sebagainya… sampai tingkat 7… merupakan tingkatan tertinggi.
Pada tingkat ini tidak bisa dijelaskan secara singkat..,
Banyak cara membuka cakra seperti yg diajarkan oleh Tokoh2 Spiritual, dan Guru2 Meditasi, mereka punya cara tersendiri untuk membuka cakra pada tubuh manusia.
Saya tidak akan menjelaskan dimana dan letak2 cakra tsb. dan tidak menjelaskan bagaimana kelebihan cakra tsb.
Bisa jadi teknik ini akan membuka cakra 1 atau ke 2 atau ke 6, bisa jadi ya bisa jadi tidak.. Namun yg pasti bukan cakra ke 7.
Namun saya akan men-SHARE TEKNIK PRAKTIS MEMBUKA CAKRA dan TEKNIK Menggunakan Cakra tsb….untuk Tujuan Sehari2…
Teknik ini adalah teknik sangat mudah dan bila dijalankan dg sungguh2 (rutin) DIJAMIN CAKRANYA TERBUKA..
Teknik PRaktisnya :
1) Ambil Posisi RILEKS, (wajib),
2) Posisi tubuh terserah kita ( mau pas sambil nonton tv, duduk santai, atau pas apa saja deh, TAPI Jangan Posisi Tidur…karena bisa tidur beneran…(he.2x)
3) Tarik Nafas Panjang melalui Mulut…. Perut Dikembungkan (Wajib)
4) Keluarkan Nafas melaui Hidung Perut dikempeskan (wajib)
5) Ulangi no.3 & 4, 7 kali…(Wajib)…
6) Setelah itu IKUTI gerakan nafas KEluar masuknya melalui hidung mulut rapat, dengan rileks…
7) Rasakan gerakan Nafas tsb mengalir ke seluruh tubuh…..
8) Lambat laun energi tsb akan perlahan2 berhenti sejenak di berberapa titik tertentu di tubuh kita…
Ikuti saja jangan ditahan.. kemudian akan bergerak ke titik selanjutnya. ikuti dan jangan ditahan….
sampai berhentik di satu titik (finish), rasakan energi tsb, HANYA MERASAKAN SAJA JANGAN DI KENDALIKAN….(ini wajib)…
9) Setelah kita merasa nyaman kalo mau di sudahin (berhenti ya gak apa2).

Artikel Terkait :



PENTING !! PLEASE READ !!

Creatif By : Bayuardi Pratama Berbagi Dengan Ikhlas

Terimah Kasih telah membaca artikel Cara Membuka Cakra. Yang ditulis oleh Bayuardi Pratama. Pada hariKamis, 04 Oktober 2012. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. No Spam, No Rasis, No Anaris, No Porn. Terimakasih

:: Get this widget ! ::

Kode Smiley Untuk Komentar


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t

2 komentar: