Kelebihan
Aki Kering :
- Ø Lebih awet, karena tidak ada penguapan
- Ø Body aki lebih tahan bocor
- Ø Mudah dalam perawatan
- Ø Umur pemakaian relative panjang
- Ø Amperenya lebih kecil dr aki basah
- Ø Tidak ada pengisian air aki
- Ø Jarang menimbulkan kerak pada terminal
- Ø Body compact
- Ø Bebas dari tumpahan cairan aki yang bisa merusak rangka aki
- Ø Lebih efisien
Kekurangan
Aki Kering ;
- Ø Kurang sesuai untuk iklim tropis
- Ø Harga lebih mahal
- Ø Jika salah satu bagiannya ada yang rusak, maka harus diganti seluruhnya
Konstruksi
aki Kering
1.Kotak
aki : Berfungsi sebagai rumah atau wadah dari komponen aki yang terdiri atas
cairan aki, pelat positif dan pelat negatif berikut separatornya.
2.Tutup aki: Berada di atas, tutup aki berfungsi sebagai penutup lubang pengisian air aki ke dalam wadahnya. Sehingga aki tidak mudah tumpah. Di aki kering tertentu tidak ada komponen ini. Kalaupun ada tidak boleh dibuka.
3. Lubang ventilasi : Untuk tipe konvensional ada di samping atas dan ada slangnya. Berfungsi untuk memisahkan gas hydrogen dari asam sulfat serta sebagai saluran penguapan air aki. Sedang tipe MF, gas hydrogen dikondisikan lagi menjadi cairan sehingga tidak dibutuhkan lubang ventilasi.
4. Pelat logam: Terdiri dari pelat positif dan negatif. Untuk pelat positif dibuat dari logam timbel preoksida (PbO2). Sedangkan pelat negatif hanya dibuat dari logam timbel (Pb).
5. Air aki: Dibuat dari campuran air (H2O) dan asam sulfat (SO4).
6. Separator: Berada di antara pelat positif dan negatif, separator bertugas untuk memisahkan atau menyekat pelat positif dan negatif agar tidak saling bersinggungan yang dapat menimbulkan short alias hubungan arus pendek.
7. Sel: Adalah ruangan dalam wadah bentuk kotak-kotak yang berisi cairan aki, pelat positif dan negatif berikut seperatornya.
8. Terminal aki: Keduanya berada di atas wadah, karena merupakan ujung dari rangkaian pelat-pelat yang nantinya dihubungkan ke beban arus macam lampu dan lainnya. Bagian ini terdiri dari terminal positif dan juga negatif.
2.Tutup aki: Berada di atas, tutup aki berfungsi sebagai penutup lubang pengisian air aki ke dalam wadahnya. Sehingga aki tidak mudah tumpah. Di aki kering tertentu tidak ada komponen ini. Kalaupun ada tidak boleh dibuka.
3. Lubang ventilasi : Untuk tipe konvensional ada di samping atas dan ada slangnya. Berfungsi untuk memisahkan gas hydrogen dari asam sulfat serta sebagai saluran penguapan air aki. Sedang tipe MF, gas hydrogen dikondisikan lagi menjadi cairan sehingga tidak dibutuhkan lubang ventilasi.
4. Pelat logam: Terdiri dari pelat positif dan negatif. Untuk pelat positif dibuat dari logam timbel preoksida (PbO2). Sedangkan pelat negatif hanya dibuat dari logam timbel (Pb).
5. Air aki: Dibuat dari campuran air (H2O) dan asam sulfat (SO4).
6. Separator: Berada di antara pelat positif dan negatif, separator bertugas untuk memisahkan atau menyekat pelat positif dan negatif agar tidak saling bersinggungan yang dapat menimbulkan short alias hubungan arus pendek.
7. Sel: Adalah ruangan dalam wadah bentuk kotak-kotak yang berisi cairan aki, pelat positif dan negatif berikut seperatornya.
8. Terminal aki: Keduanya berada di atas wadah, karena merupakan ujung dari rangkaian pelat-pelat yang nantinya dihubungkan ke beban arus macam lampu dan lainnya. Bagian ini terdiri dari terminal positif dan juga negatif.
Cara
Kerja Aki Kering
Secara
umum, cara kerja aki sebenarnya merupakan proses elektrosasi antara hidrogen
dan oksigen dan terlepas sebagai gas. Sperti halnya aki konvensional, tambahan
air juga dibutuhkan untuk menjaga performa optimal aki. Hanya saja
penggunaan timbal kalsium pada pelat mereduksi sejumlah electrolysis.
Sementara tambahan air jauh lebih banyak ketimbang normal untuk menjaga kestabilan pasokan plus hantaran listrik tiap pelat. Nah, sepanjang pemakaian normal, tidaklah diperlukan penambahan air aki. Sebaliknya, bila kondisi dan temperatur ektrem, penambahan air dimungkinkan dengan membuka cover atas untuk memperpanjang usia aki.
Baterai kering (sel Lechlance) terdiri
atas suatu silinder seng sebagai anode dan batangkarbon sebagai katode.
Silinder diisi pasta yang terdiri atas campuran batu kawi (MnO2),salmiak
(NH4Cl), sedikit air, dan di tengah pasta itu diletakkan batang karbon.
Karenakarbon merupakan electrode inert(sukar bereaksi), pasta berfungsi
sebagaioksidator(katode).
Sementara tambahan air jauh lebih banyak ketimbang normal untuk menjaga kestabilan pasokan plus hantaran listrik tiap pelat. Nah, sepanjang pemakaian normal, tidaklah diperlukan penambahan air aki. Sebaliknya, bila kondisi dan temperatur ektrem, penambahan air dimungkinkan dengan membuka cover atas untuk memperpanjang usia aki.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل