Daftar Isi

Senin, 05 November 2012

0 Tips Merawat Laptop

Date: Senin, 05 November 2012 21.06
Category:
Author: Bayuardi Pratama
Share:
Responds: 0 Comment
Laptop, tak asing kan dengan benda itu.?? Ya, benda yang kerap kali kita temui itu sekarang sudah menjadi layaknya handphone, menjadi kebutuhan yang tak lagi terkesan mewah. Sering kita lihat dari mulai pelajar, mahasiswa hingga pegawai kantor sibuk didepan layar monitornya dengan jemari tangan yang terus menari menciptakan ketukan berirama tak beraturan. Banyak yang mereka kerjakan, dari mulai mengerjakan tugas sekolah, menyusun proposal, laporan keuangan, bermain game, bahkan ada yang sekedar iseng menulis untuk mengisi waktu luang.
Namun, banyak dari mereka yang terkesan tak acuh dengan laptop mereka sendiri. Setiap hari mereka menggunakannya tapi jarang sekali merawatnya. Padahal jika mereka tahu, cara merawatnya tidaklah sulit tak tak butuh waktu lama, hanya saja harus rutin kita lakukan agar benda kesayangan kita itu nampak lebih estetis dan bisa bekerja maksimal.

Berikut saya jabarkan beberapa tips merawat laptop. chekidot...
  1. Hindarkan laptop anda dari sinar matahari langsung. Laptop adalah alat yang sangat sensitif dan mudah rusak jika terkena sinar matahari secara langsung. Baik saat kita kerja maupun saat menyimpannya pun harus terlindung dari sinar matahari.
  2. Berhati - hati dalam mendownload software dari internet. Resiko software yang kita download itu memiliki virus cukup besar, jadi jika kita masih tetap ingin menggunakan software yang kita download melalui internet pastikan kita scan software terseut dengan antivirus terlebih dahulu.
  3. Jangan letakkan laptop di lantai. Resiko laptop tersebut terinjak sangatlah besar dan ketka laptop kita letakkan di lantai resiko terkena debunya pun sangat besar apalagi jika lantai tersebut jarang disapu dan dibersihkan.
  4. Jangan letakkan laptop anda di tempat yang permukaannya yang terlalu empuk. Ketika kita menyimpan laptop di permukaan yang terlalu empuk ini adalah hal yang sangat berbahaya karena sirkulasi udara pada laptop tersebut akan terganggu dan menyebabkan laptop tersebut akan lebih cepat panas dan dapat merusak bagian prosessor.
  5. Jangan letakkan benda apapun diantara keyboard dan layar laptop lalu menutupnya. Resiko layar laptop tergores cukup besar jika kita menyimpan barang apapun diantara keyboard dan layar laptop, sekalipun barang tersebut adalah kertas tetap saja resiko tergoresnya layar laptop cukup besar.
  6. Jangan makan dan minum dan meletakkan benda yang mengandung cairan disekitar laptop. Hal ini sangat penting karena laptop sangat peka jika terkena bahan yang berbentuk caian apalagi jika masuk kedalam keyboard.
  7. Jangan memberikan tutup apapun termasuk sarung laptop saat laptop masih dalam keadaan menyala karena ini juga akan mengganggu sirkulasi udara pada laptop dan akan berakibat pada kerusakan prosessor.
  8. Hindari getaran dan jauhkan dari alat pengeras suara seperti loudspeaker, mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.
  9. Hindari laptop dari sinar x-ray di bandara.
  10. Jika laptop bermasalah, jangan berpikir untuk membongkar laptop itu sendiri. Sebaikknya serahkan kepada orang yang profesionaldan lebih berpengalaman. Khusus pada laptop yang masih bergaransi, membongkar laptop dapat juga merusak sticker garansi yang melekat pada laptop.
  11. Gunakan tas laptop yang aman. Ada banyak tas laptop baik yang bawaan dari toko atau yang kita beli sendiri. Yang pasti hal yang harus diperhatikan adalah laptop harus cukup aman dari guncangan dan tas tersebut harus menggunakan gabus pengaman yang cukup baik.
  12. Gunakan stabilizer sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan kondisi listrik yang tidak stabil, gunakan stabilizer meskipun itu yang standar tetapi bisa meminimalisir kerusakan hardware pada laptop.
  13. Jauhkan laptop dari benda yang mengandung medan magnetik kuat. Laptop sangat peka terhadap benda-benda yang mengandung  daya magnet kuat. Jadi jika kita sedang menggunakan laptop, jauhkanlah benda-benda yang mengandung medan magnet agar tidak merusak kinerja dari laptop tersebut.
  14. Jangan meletakkan sesuatu diatas laptop jika sedang tidak digunakan apalagi jika barang tersebut memiliki bobot yang cukup berat karena dapat merusak layar monitor pada laptop.
  15. Hati-hati pada saat membawa laptop. Walaupun kita sudah menggunakan tas laptop, namun harus tetap berhati-hati dalam membawa laptop. Jika kita menggunakan tas laptop ransel, jangan sampai terjadi penumpukkan barang yang terlalu banyak, dan hindari juga benturan-benturan yang cukup keras.

Gimana.?? Gak sulit kan.?? Kita hanya perlu rajin saja untuk bisa membuat laptop kita jadi lebih awet. Meskipun begitu saya sendiri jarang membersihkan laptop saya, hehhehhe....

SEMOGA BERMANFAAT

Artikel Terkait :



PENTING !! PLEASE READ !!

Creatif By : Bayuardi Pratama Berbagi Dengan Ikhlas

Terimah Kasih telah membaca artikel Tips Merawat Laptop. Yang ditulis oleh Bayuardi Pratama. Pada hariSenin, 05 November 2012. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. No Spam, No Rasis, No Anarkis, No Porn. Terimakasih

:: Get this widget ! ::

Kode Smiley Untuk Komentar


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t

Poskan Komentar