Daftar Isi

Minggu, 19 Mei 2013

0 Mimpi Harapanku

13.07 Under From Unknown
[0 Comment]


        “Subhanallah Tama, kamu cocok sekali pakai baju itu. Cakepnya anak Ibu !!” ucap Ibuku sembari melihat ku merapikan baju di depan cermin.
        “hehehe pas nggak bu bajunya ?”
        “pas banget, Ibu sempat pangling tadi, kirain artis darimana gitu.” ucap Ibu seakan menghiburku.
        “yaudah bu ayo kita berangkat, ntar telat lagi !”
        “iya ayo, masak dandanan rapi gini datangnya telat, kan malu !”
        “haha Ibu tuh yang kerapian, aku mah biasa aja !” ucapku sembari mengambil kunci motor. Kami pun segera berangkat menuju tempat dimana aku menuntut ilmu. Ya, hari ini adalah hari dimana pihak sekolah akan menjatuhkan vonis kepadaku, lulus atau tidak lulus??
        Ada satu hal yang mebuatku sedikit aneh, baju. Dengan setelan kemeja putih lengan panjang plus celana panjang warna hitam terlihat seperti pelayan restaurant. Tapi hal itu tertutupi karna adanya dasi hitam yang wajib dikenakan, sekarang malah nampak seperti pelamar pekerjaan. Tapi tak apalah, mungkin hal ini untuk menghindari aksi corat-coret baju seragam saat merayakan kelulusan.
        Entah kenapa hari ini terlihat spesial dimataku. Langit cerah dan Ibuku yang tampak sangat ceria seolah menjadi prolog kisahku hari ini. “Bismillah, semoga jadi awal pertanda baik dan hari ini berjalan lancar. Aamiin !” gumam batinku lirih.
        Tak terasa kami sudah sampai di sekolah, cukup banyak juga yang sudah datang. langsung saja kucari tempat parkir yang nyaman untuk motorku ini. Kami pun langsung menuju Aula Sekolah tempat acaranya dilaksanakan setelah memarkir motorku itu.
        Sekitar jam 09.15 acara dimulai, padahal dalam undangan jelas-jelas tertulis acaranya dimulai pukul 09.00. hah namanya juga Indonesia, terkenal akan jam karetnya. Perlahan tapi pasti, acara demi acara yang bagiku itu membosankan terlewati, hingga akhirnya tiba saat penyerahan amplop yang berisi keterangan ‘lulus atau tidak lulus’.
        Sebenarnya aku ingin sekali membuka amplop itu terlebih dahulu, tapi Ibuku memaksa dia yang akan membukanya lebih dulu. Dag dig dug begitu terasa detak jantungku melihat tangan Ibu membuka amplop itu, lalu perlahan menarik kertas didalamnya, matanya bergerak dari kiri ke kanan membaca tulisan yang ada didalamnya. Ibu lalu menatapku dalam-dalam, menunjukkan ekspresinya yang seakan sedih, kecewa. Nampak matanya berkaca-kaca saat itu. Ia lalu memelukku, menciumku, dan perlahan terisak tanpa berkata apa-apa. YaAllah apa ini? sikap Ibuku membuatku semakin penasaran. Bergegas kulepas pelukan Ibu dan kurebut amplop itu darinya. Kubaca perlahan tulisan didalamnya. Terlihat satu kata dengan huruf kapital tertulis ‘LULUS’, ku kucek-kucek mataku lalu kubaca sekali lagi agar aku yakin. Ya Tuhan ternyata benar, tertulis ‘LULUS’. Tak tahu apa yang harus ku lakukan, tak tahu apa yag harus ku katakan, semua tak bisa ku ungkapkan. Sekali lagi Ibu memelukku, ia masih tetap menangis namun sembari berucap “Selamat nak, kamu lulus. Ibu bangga sama kamu !”. Spontan kubalas pelukan Ibuku, sangat erat aku memeluknya. Tak terasa airmataku jatuh saat itu, entah kenapa tapi mungkin inilah ekspresi kebahagiaanku.
        Cukup lama aku tak lepas dari pelukan Ibuku, aku menunggu sampai airmata ini berhenti mengalir, malu nanti kalau dilihat teman-teman. Kulihat sekelilingku, tenyata kebanyakan juga sama seperti apa yang kulakukan tadi, memeluk orangtuanya sambil terisak lirih. Mereka terlihat sangat bahagia. Akupun menghampiri salah satu temanku.
        “Ryan, gimana ??” ucapku setelah ada di samping Ryan.
        “LULUS Tam gue lulus, nih loe liat, luluskan ? hahaha..loe sindiri gimana ??” kata Ryan sembari merangkulku, Ryan sudah sangat akrab denganku, kita sudah berteman sejak kecil.
        “hahaha syukurdeh, gue juga lulus Alhamdulillah, nih loe liat sendiri kalo nggak percaya !” kata ku sambil menyodorkan kertas dalam amplop punyaku.
        “haha percaya gue, secara loe kan pinter. Traktir gue makan berarti !!”
        “kenapa nggak loe aja yang nraktir gue, mumpung gue laper nih haha”
        “hahaha emang gue boss loe !!”
        “Alif, gimana ? luluskan ??” terdengar suara lembut mengagetkanku, aku hafal dengan suara ini, entah sejak kapan dia ada didekat ku dan Ryan.
        “Eh Meyza, ahh iya ehm lulus, nih ! kamu sendiri ??” jawabku agak tergagap.
        “Alhamdulillah lulus juga, yang lain gimana ?”
        “engga tahu, coba deh tanyain”
        Tanpa diminta teman-temanku yang lain perlahan berkumpul disekitar aku, Ryan, dan Meyza. Mendadak suasana menjadi ramai, dengan bebas kami mengekspresikan kebahagiaan kami. Di tengah ramainya suasana saat itu, mendadak aku tercenung sendiri. Aku teringat satu buah lagu milik Band Lovarian – Perpisahan Termanis.

Jadikan ini perpisahan yang termanis
Yang indah dalam hidupmu
Sepanjang waktu
Semua berakhir tanpa dendam dalam hati
Maafkan semua salahku
Yang mungkin menyakitimu

        Terlintas dalam benak kenangan-kenangan bersama teman-teman. Begitu banyak yang telah kami ukir bersama selama ini, kami pernah merasa sedih, kecewa, galau, tapi kami obati itu semua dengan kebersamaan kami. Sungguh betapa indahnya masa-masa ini. Terasa sangat menyenangkan saat bersama mereka.
        “Alif kamu kenapa ? kok melamun ??” tanya Meyza mengagetkanku.
        “ehh engga, ehm ehm aku mendadak keinget lagunya Lovarian yang Perpisahan Termanis. Rasanya pas banget sama moment ini.” Jawabku sekenanya.
        “hemh iya ya, kalo dipiki-pikir bener juga.” Jawab Meyza yang kemudian tersenyum padaku.

Jadikan ini perpisahan yang termanis

        Tiba-tiba terdengar suara lembut Meyza perlahan menyanyikan lagu itu. Entah apa maksud dia menyanyikannya, tapi tanpa sadar aku pun mengikutinya.

Yang indah dalam hidupmu
Sepanjang waktu

        Lambat laun teman-temanku yang lain pun ikut menyanyikannya. Kini suasana menjadi ramai karena kami bernyanyi sesuka kami. Terdengar kompak tapi tak beraturan.

Semua berakhir tanpa dendam dalam hati
Maafkan semua salahku
Yang mungkin menyaitimu

        Kami terus menyanyikannya. Mulai terlihat beberapa teman wanita yang sedikit terisak, mungkin mereka terbawa suasana. Nampak juga pipi putih Meyza yang sudah basah oleh air matanya, aku sendiri berusaha sekuat tenaga menahan agar aku tak menangis. Berulang-ulang kami menyanyikan lagu itu sampai akhirnya pihak panitia meminta kami tenang karena acara akan segera dilanjutkan.
        Tepat pukul 12.00 siang acaranya selesai, kami semua bergegas meninggalkan ruangan tersebut. Aku dan Ibuku berjalan santai menuju tempat parkir karena rencananya kami akan langsung pulang. Baru beberapa langkah berjalan, tiba-tiba ada seseorang yang memanggilku.
        “Alif Yuditama !!”
        Spontan aku menoleh kearah suara itu, dan ternyata Ibu Indah yang memanggilku, Sang Guru Matematika favoritku. Aku kemudian menghampirinya lalu bersalaman dan kucium tangannya dengan takzub.
        “Selamat ya Alif, kamu lulus.” ucap Bu Indah kemudian.
        “Iya bu terimakasih, berkat doa Ibu juga saya bisa lulus. Terimakasih juga buat bimbingan Ibu selama ini, Ibu selalu mengajari saya dengan sabar. Terimakasih Bu !”
        “Iya sama-sama, Ibu senang kamu lulus. kamu salah satu murid favorit Ibu, Ibu bangga sama kamu Alif.”
        “Sekali lagi terimakasih Bu !”
        Bu Indah lalu bersalaman dan cipika-cipiki dengan Ibuku, mereka lalu mengobrol sembari kami berjalan...................................................................................................................................................................................................................................................
        “Kak Kakak bangun Kak, Kak Tama bangun dong, udah Subuh nih !” ucap adikku sembari menggoncang-goncangkan tubuhku yang masih nyaman di atas tempat tidur.
        “Kak bangun dong, hari ini kan hari kelulusan Kakak, Kakak lupa ya ?” kata Zafa berusaha membangunkanku lagi.
        Dengan terpaksa akupun membuka mata, terlihat langit-langit putih yang sangat aku kenali. Dan juga aroma obat menyengat yang sangat khas. Ahh iya aku masih di rumah sakit. Kakiku pun masih terasa sakit saat berusaha ku gerakkan.
“Astaghfirullah, iya benar hari ini kelulusanku. Berarti tadi barusan itu mimpi ? itu mimpi ?? YaAllah Maha Besar Engkau, begitu terasa nyatanya mimpiku tadi.” Ucap batinku lirih setelah menyadarinya.
“Ayo Kak bangun, Kakak Sholat Subuh dulu !” kata Zafa kemudian.
“Iya iya bentar, Zafa udah Sholat ?” tanyaku kemudian.
“udah dong, Zafa kan rajin ! nggak kalah sama Kak Tama” ucap Zafa menggemaskan.
Aku tersenyum lalu mengusap-usap kepalanya dengan manja. Lalu segera bertayamum dan Sholat Subuh diatas tempat tidur dengan posisi duduk. Dalam akhir Sholatku aku tercenung, aku teringat akan mimpiku tadi malam.
“YaAllah Yang Maha membolak-balikkan hati manusia, apa arti mimpi hamba barusan ? apa hanya untuk kembang tidur ?? YaAllah semoga apa yang terjadi dalam mimpiku merupakan pertanda baik dan merupakan satu bagian dari kisahku hari ini, aamiin aamiin yarobbal’alamiin.”
Read More »

Sabtu, 11 Mei 2013

0 Makalah Kata Majemuk dan Idiom

11.46 Under From Unknown
[0 Comment]
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuuh
hehe mumpung ada kesempatan jadi ane share aja sekalian semuanya, nah kali ini ane akan share seputar Makalah Kata Majemuk dan Idiom. udah tau kan apa itu kata majemuk? kalo belum tau ya ntar dibaca sendiri, ane gak bakal jelasin disini soalnya hehehe..

oke bagi agan yang butuh banget file ini bisa ambil filenya DISINI, gratis kok hehe...

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG, SEMOGA BERMANFAAT
Read More »

0 Makalah Pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3)

11.36 Under From Unknown
[0 Comment]
Assalamu'alaikum warhmatullahiwabarakatuuh
selamat siang gan, hehe lama gak nongol nii ane, maklum lah anak kelas 3 lagi sibuk-sibuknya.
nah kali ini ane akan share seputar Makalah Pengelolaan Limbah B3, apa itu B3? ntar baca aja sendiri yaa, gak hapal soalnya hehe...

oke langsung aja bagi agan yang butuh banget file ini bisa comot filenya DISINI

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG, SEMOGA BERMANFAAT
Read More »

0 Pelumas Mesin

11.19 Under From Unknown
[0 Comment]


Minyak pelumas mesin atau yang lebih dikenal dengan nama oli atau oli mesin memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin.

Fungsi
Semua jenis oli pada dasarnya sama. Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan. Mesin diesel misalnya, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan Mesin bensin. Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif yang lebih besar yang dapat menimbulkan oksidasi oli, penumpukan deposit dan perkaratan logam-logam bearing.


JENIS-JENIS OLI PELUMAS

Oli Mineral
Oli mineral berbahan bakar oli dasar (base oil) yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan. Beberapa pakar mesin memberikan saran agar jika telah biasa menggunakan oli mineral selama bertahun-tahun maka jangan langsung menggantinya dengan oli sintetis dikarenakan oli sintetis umumnya mengikis deposit (sisa) yang ditinggalkan oli mineral sehingga deposit tadi terangkat dari tempatnya dan mengalir ke celah-celah mesin sehingga mengganggu pemakaian mesin.

Oli Sintetis
Oli Sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah polyol-ester (bukan bahan baju polyester), yang paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan bahan lain. Oli sintetis cenderung tidak mengandung bahan karbon reaktif, senyawa yang sangat tidak bagus untuk oli karena cenderung bergabung dengan oksigen sehingga menghasilkan acid (asam). Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral.

Kekentalan (Viskositas)
Kekentalan merupakan salah satu unsur kandungan oli paling rawan karena berkaitan dengan ketebalan oli atau seberapa besar resistensinya untuk mengalir. Kekentalan oli langsung berkaitan dengan sejauh mana oli berfungsi sebagai pelumas sekaligus pelindung benturan antar permukaan logam. Oli harus mengalir ketika suhu mesin atau temperatur ambient. Mengalir secara cukup agar terjamin pasokannya ke komponen-komponen yang bergerak. Semakin kental oli, maka lapisan yang ditimbulkan menjadi lebih kental. Lapisan halus pada oli kental memberi kemampuan ekstra menyapu atau membersihkan permukaan logam yang terlumasi. Sebaliknya oli yang terlalu tebal akan memberi resitensi berlebih mengalirkan oli pada temperatur rendah sehingga mengganggu jalannya pelumasan ke komponen yang dibutuhkan. Untuk itu, oli harus memiliki kekentalan lebih tepat pada temperatur tertinggi atau temperatur terendah ketika mesin dioperasikan. Dengan demikian, oli memiliki grade (derajat) tersendiri yang diatur oleh Society of  Automotive Engineers (SAE). Bila pada kemasan oli tersebut tertera angka SAE 5W-30 berarti 5W (Winter) menunjukkan pada suhu dingin oli bekerja pada kekentalan 5 dan pada suhu terpanas akan bekerja pada kekentalan 30. Tetapi yang terbaik adalah mengikuti viskositas sesuai permintaan mesin. Umumnya, mobil sekarang punya kekentalan lebih rendah dari 5W-30 . Karena mesin belakangan lebih sophisticated sehingga kerapatan antar komponen makin tipis dan juga banyak celah-celah kecil yang hanya bisa dilalui oleh oli encer. Tak baik menggunakan oli kental (20W-50) pada mesin seperti ini karena akan mengganggu debit aliran oli pada mesin dan butuh semprotan lebih tinggi. Untuk mesin lebih tua, clearance bearing lebih besar sehingga mengizinkan pemakaian oli kental untuk menjaga tekanan oli normal dan menyediakan lapisan film cukup untuk bearing. Sebagai contoh dibawah ini adalah tipe Viskositas dan ambien temperatur dalam derajat Celcius yang biasa digunakan sebagai standar oli di berbagai negara/kawasan.
1. 5W-30 untuk cuaca dingin seperti di Swedia
2. 10W-30 untuk iklim sedang seperti dikawasan Inggris
3. 15W-30 untuk Cuaca panas seperti dikawasan Indonesia

Kualitas
berbeda dengan oli mesin bensin karena karakter diesel yang banyak meng- hasilkan kontaminasi Kualitas oli disimbolkan oleh API (American Petroleum Institute). Simbol terakhir SL mulai diperkenalkan 1 Juli 2001. Walau begitu, simbol makin baru tetap bisa dipakai untuk katagori sebelumnya. Seperti API SJ baik untuk SH, SG, SF dan seterusnya. Sebaliknya jika mesin kendaraan menuntut SJ maka tidak bisa menggunakan tipe SH karena mesin tidak akan mendapatkan proteksi maksimal sebab oli SH didesain untuk mesin yang lebih lama.
Ada dua tipe API, S (Service) atau bisa juga (S) diartikan Spark-plug ignition (pakai busi) untuk mobil MPV atau pikap bermesin bensin. C (Commercial) diaplikasikan pada truk heavy duty dan mesin diesel. Contohnya katagori C adalah CF, CF-2, CG-4. Bila menggunakan mesin diesel pastikan memakai katagori yang tepat karena oli mesin diesel jelaga sisa pembakaran lebih tinggi. Oli jenis ini memerlukan tambahan aditif dispersant dan detergent untuk menjaga oli tetap bersih. Sebagai tambahan, bila oli yang digunakan sudah tipe sintetik maka tidak perlu lagi diberikan bahan aditif lain karena justru akan mengurangi kireja mesin bahkan merusaknya.

Kontaminasi
Kontaminasi terjadi dengan adanya benda-benda asing atau partikel pencemar di dalam oli. Terdapat delapan macam benda pencemar biasa terdapat dalam oli yakni
1. Keausan elemen. Ini menunjukkan beberapa elemen biasanya terdiri dari tembaga, besi, chrominium, aluminium, timah, molybdenum,   silikon, nikel atau magnesium.
2. Kotoran atau jelaga. Kotoran dapat masuk kedalam oli melalui embusan udara lewat sela-sela ring dan melaui sela lapisan oli tipis kemudian merambat menuruni dinding selinder. Jelaga timbul dari bahan bakar yang tidak habis. Kepulan asam hitam dan kotornya filter udara menandai terjadinya jelaga.
3. Bahan Bakar
4. Air. Ini merupakan produk sampingan pembakaran dan biasanya terjadi melalui timbunan gas buang. Air dapat memadat di crankcase ketika temperatur operasional mesin kurang memadai.
5. Ethylene gycol (anti beku)
6. Produk-produk belerang/asam.
7. Produuk-produk oksidasi Mengakibatkan oli bertambah kental. Daya oksidasi meningkat oleh tingginya temperatur udara masuk.
8. Produk-produk Nitrasi. Nitrasi nampak pada mesin berbahan bakar gas alam.

Pemeriksaan oli mesin (mesin pada temparatur kerja)
Prosedur : cabut stik oli, bersihkan, pasang kembali stik pada engine, cabut kembali stik dan periksa kuantitas oli sesuai dengan tanda pada stik.
Tambahkan oli secukupnya melalui tuutp pengisian, tidak boleh menambahkan oli melebihi batas ketentuan.


Seperti yang sudah diketahui, oli memiliki peranan yang cukup penting dalam kendaraan. Oli pun ada beberapa macam jenisnya, seperti oli mesin, oli transmisi, oli gardan, oli/minyak rem, dan juga oli/ minyak power steering. Khusus untuk oli transmisi dikenal ada dua jenis yaitu oli untuk transmisi manual dan matik.

Perbedaan Peran Oli Transmisi Manual Vs Matic
Ada sedikit perbedaan fungsi antara oli transmisi manual dengan oli transmisi matic (otomatis). Pada transmisi manual oli berfungsi hanya sebagai pelumas yang memuluskan kerja komponen pada mesin saja, sedangkan  pada transmisi otomatis, selain bekerja sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatis.
Jadi jika oli transmisi matic terlalu encer atau terlalu kotor, daya lumasnya akan berkurang dan akan menyebabkan oli menjadi cepat panas. Oli yang panas dapat menyebabkan kanvas-kanvas kopling hidrolik dan kanvas rem yang ada di transmisi tersebut cepat aus. Parahnya, kanvas-kanvas tersebut bisa terbakar. Apabila sudah terbakar maka komponen ini tidak bisa lagi meneruskan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke penggerak roda. Inilah yang bisa membuat mobil mogok.

Ragam Oli Transmisi Matic (ATF)
Pada mobil bertransmisi otomatis, oli yang dipergunakan adalah yang berjenis ATF (Automatic Transmission Fluid). Ada beberapa macam oli jenis ATF, untuk mobil baru umumnya memakai standard DEXRON II/ DEXRON III. Sedangkan untuk mobil yang umurnya sudah tua (tahun 2000 kebawah), harus melihat rekomendasi dari buku panduan pemilik kendaraan bermotor karena masing-masing jenis ATF tidak compatible dengan yang lain. Tapi selama rekomendasi ATF tipenya sama, berarti interchangeable.

Ganti VS Kuras Oli Transmisi??
Untuk mobil bertransmisi otomatis, arti kata ganti dan kuras tidaklah sama. Kalau ganti oli, hanya membuka baut di karter gearbox. Oli yang terbuang hanya oli yang ada di penampungan bawah dari gearbox, total +/- 2-3 liter. Penggantiannya setiap 10.000 km atau setiap 2x ganti oli mesin. Kalau kuras, oli yang di dalam converter (gelondongan didalam gearbox yang bentuklnya mirip donat) ikut dibuang, total +/- 6-8 liter. Menguras oli matic dilakukan dengan alat khusus yang disebut ATF Changer dan dilakukan dengan mesin mobil dalam kondisi menyala. Pengurasan dilakukan setiap 20.000 km.

Model Sealed Transmision
Pengurasan oli pada mobil bertransmisi matic hanya berlaku untuk transmisi mobil yang tidak memberi fasilitas lifetime waranty di gearbox matic-nya. Untuk mobil-mobil keluaran terbaru & CBU, banyak yang sudah tidak memerlukan penggantian oli transmisi karena mobil-mobil ini umumnya menggunakan transmisi dengan model sealed (tidak ada saluran masuk/buang). Tapi apabila mengalami kerusakan, harus mengganti gearbox-nya. Untuk lebih pastinya tanyakan kebengkel resmi apakah ada life warranty atau tidak dan apakah perlu untuk melakukan penggantian/pengurasan oli transmisinya.
Oli transmisi bisa dikatakan tidak mengalami kontak dengan dunia luar. Jadi kalau oli mesin perlu diganti karena banyaknya kotoran dan properti oli yang berubah karena temperatur, oli transmisi hanya butuh diganti/kuras bila oli tersebut sudah mulai kehilangan lubricity dan additivenya. Namun agar kenyamanan menggunakan kendaraan bertransmisi otomatis menjadi maksimal, selalu ganti/kuras oli transmisi sesuai jarak tempuh meskipun kondisi oli terlihat masih bagus. Usahakan juga untuk memeriksa kuantitas oli secara periodik dan apabila terjadi kekurangan bisa segera ditambahkan dengan oli sejenis.

Pemeriksaan oli transmisi otomatik.
Prosedur : tiap model kendaraan berbeda dengan lainnya - periksa buku manual.
Salah satu pemeriksaan :
1.      Tempatkan kendaraan pada permukaan jalan yang rata – aktifkan rem tangan.
2.      Hidupkan mesin pada putaran langsam dan tanpa beban, pindahkan tuas transmisi pada semua posisi  (misal : P ke L, lalu kembalikan ke P).
3.      Periksa kuantitas oli melalui stik oli transmisi (untuk lebih jelasnya lihat pada gambar).
Catatan : ini adalah salah satu cara.
4.      Tambahkan oli secukupnya melalui lubang stik pemeriksaan oli.


Pelumas Gardan
Gardan dibuat sedemikian rupa agar dapat memindahkan tenaga putar dari transmisi ke diferensial (gardan) dengan lembut tanpa dipengaruhi perubahan-perubahan sudut(naik-turun) diferencial akibat ketidak rataan permukaan jalan dan besarnya beban. Bila gardan bermasalah atau rusak, dapat menyebabkan mobil tidak akan jalan.

Namun yang disayangkan, justru gardan kerap dianaktirikan. Maksudnya, komponen ini kerap dilupakan soal perawatannya.Bila tidak sedang bermasalah, kebanyakan orang jarang melakukan pengecekan atau perawatan. Padahal tidak sulit merawat gardan.“Cukup dengan rutin mengganti oli gardan setiap 10 ribu kilometer,” ucap Fendi, salah satu pentolan bengkel AFJ, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pada umumnya, penggantian oli gardan biasanya dilakukan bersamaan dengan penggantian oli transmisi, dan menggunakan nilai kekentalan pelumas sesuai yang dianjurkan produsen kendaraan.Pada umumnya masalah pada gardan terjadi bila sudah terdengar bunyi dengung. Hal ini terjadi akibat oli gardan yang telah encer, atau bahkan telah berkurang secara signifikan.Tentunya itu terjadi karena pemilik mobil jarang memerhatikan atau merawat gardan. Sekedar informasi harga oli gardan yang ada di pasaran adalah berkisar antara Rp 27-43 ribu. Mereknya pun bermacam-macam, seperti Rored yang keluaran Pertamina, Idemitsu, serta Elf.Menurut Fendi lagi, untuk mobil yang pemakaiannya lebih sering di dalam kota, maka disarankan menggunakan oli yang speknya multigrade, dengan SAE75-90 atau 80W90.

Ini dikarenakan viskositas oli tersebut lebih encer sehingga tidak terlalu memberatkan kinerja gardan. Sedangkan untuk mobil yang beban kerjanya berat atau mobil-mobil tahun lawas dapat memilih oli single grade dengan SAE 90 atau SAE 140.Buat kamu yang punya mobil dengan gardan yang dilengkapi fitur LSD (Limited Slip Differential) disarankan menggunakan oli gardan dengan spesifikasi khusus untuk tipe gardan LS. Contohnya merek Lucas.Kalau kamu belum tahu, apakah gardan bawaan mobil sudah bertipe LS atau tidak, bisa dicek sendiri kok.“Dongkrak dua roda belakang, coba putar salah satu roda, kalau roda satunya ikut berputar berarti gardannya dilengkapi LSD,” terang Fendi lagi.Asal tahu saja, oli gardan untuk tipe LSD ini punya bersifat long life time. Namun tetap dicek berkala agar tetap berfungsi dengan baik.ban.

Pemeriksaan oli gardan 
1.    Lepas tutup pengisian oil.
2.    Periksa kuantitas oli – jika kurang, tambahkan oli dengan menggunakan pompa sampai oli mulai tumpah dari lubang pengisian (pilihlah oli yang sesuai).
Catatan : Tambahkan oli secara pelan, jangan melebihi batas. Kuantitas oli yang kurang ditunjukkan dengan kondisi oli dibawah lubang pengisian.
3.    Pasang tutup pengisian oli.
Jika kuantitasnya kurang, periksa kebocoran dan laporkan.
Read More »

0 Teks MC Acara Perpisahan Sekolah

11.09 Under From Unknown
[0 Comment]


Assalamualaikum wr.wb.
bismillahirrohmairrohim…
(muqodimah dalam b.arabnya, buat sendiri)
Yth. almukarom KH. Yusuf Mansyur
Yth. Kepala SMK N 1 Purworejo, bapak H. Heri Maryanto, MPd
Dewan guru, bapak2, ibu2 para undangan, serta teman2ku sekalian yang saya sayangi.
Pada kesempatan yang bahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat allah Swt, yang telah memberikan rahmat dan berkahnya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam rangka Purnawiyata SMK N 1 Purworejo.
Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad Saw.  Kepada keluarga beliau,  para sahabat serta kaum muslmin yang senantiasa beristiqomah dalam menjalankan syariat Islam hingga akhir zaman nanti.
Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, adapun susunan acara pada pagi ini adalah sebagai berikut
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Alquran
  3. Pembacaan sholawat nabi
  4. Sambutan2
  5. Prosesi wisuda
  6. Istirahat
  7. Mauidhoh hasanah
  8. Doa penutup
Hadirin sekalian, demi menghemat waktu marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmallah bersama2.
Hadirin sekalian, berikutnya dalah pembacaan kalam Ilahi yakni QS Al-Baqarah Ayat  yang akan dibawakan oleh saudara Zaenal Musthofa. kepadanya dipersilakan.
Maha benar Allah atas segala firmanNya. Terimakasih disampaikan. Demikian tadi pembacaan ayat suci Alquran, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Beralih ke acara berikut, yakni pembacaan sholawat nabi yang akan dipimpin oleh saudara Dhika Tri Widayat. kepadanya dipersilakan. Dan kepada hadirin saya minta untuk berdiri sejenak.
Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, acara selanjutnya adalah sambutan2. Sambutan pertama akan disampaikan oleh , ketua panitia. Kepada ibu Siti Sudaryati , dipersilakan.
Hadirin sekalian sambutan kedua akan disampaikan oleh perwakilan siswa kelas XI. Kepada saudara Arwani Ahmad , dipersilakan.
Selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan wisudawan, kepada saudara Agung Wibisono, dipersilakan.
Terimakasih saya sampaikan. Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh kepala SMK N 1 Purworejo, kepada bapak H. Heri Maryanto, MPd, dipersilakan.
Terimakasih saya sampaikan. Hadirin sekalian. Kini kita memasuki acara inti, yakni prosesi wisuda siswa-siswi kelas XII SMK N 1purworejo yang akan dipandu oleh bapak H. Heri Maryanto, MPd dan akan dilanjutkan dengan acara istirahat. Kepadanya dipersilakan.
Bapak2, ibu2 sekalian yang dirahmati Allah, kini tibalah kita pada acara mauidhoh hasanah yang akan disampaikan oleh almukarom KH. Yusuf Mansyur. kepada beliau dipersilakan.
Hadirin rahimakumullah, demikian tadi mauidhoh hasanah yang telah kita ikuti bersama. Semoga bermanfaat bagi kita semua sebagai umat Islam. Amin ya robbal alamin.
Hadirin sekalian, tibalah kita dipenghujung acara yakni pembacaan doa penutup. Kepada, almukarom KH. Yusuf Mansyur kami persilakan.
Hadirin yang saya hormati, acara demi acara telah kita lalui bersama. Semoga apa yang telah kita lalui diterima oleh Allah swt. Saya atas nama panitia dan selaku pembawa acara mengucapkan terimakasih atas perhatiannya. Dan mohon maaf apabila terdapat hal2 atau kata2 yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.
Terimakasih, wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalamualaikum wr.wb.
Read More »